Halaman

Efek

Menu

Jumat, 06 Juli 2012

Mineral Albit

Albite var. CleavelanditeAlbite milik Plagioklas Feldspar kelompok, serangkaian solusi isomorf padat. Albite adalah salah satu ujung anggota, sodium dan kalsium yang mengandung no. Anggota ujung yang lain, anorthite, mengandung kalsium dan sodium tidak. Anggota perantara adalah Oligoclase, andesin, labradorit, dan Bytownite. Oligoclase dan andesin dianggap oleh beberapa menjadi berbagai albite ketimbang mineral terpisah. Sistem diakui Dana dari Mineralogi daftar para anggota perantara sebagai mineral individu, sedangkan IMA tidak mengakui mereka sebagai spesies mineral individu.

Albite juga membentuk seri dengan sanidine, dan anggota perantara dari seri ini adalah Anorthoclase. Albite dapat berisi hingga sepuluh persen menggantikan kalium natrium. Jika lebih dari sepuluh persen menggantikan natrium, mineral tersebut tidak lagi albite, tapi Anorthoclase.

Albite adalah mineral yang sangat umum, dan merupakan mineral pembentuk batuan yang penting. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk albite mengkristal dari feldspars lainnya. Hal ini memungkinkan albite terbentuk dalam contoh besar dan mengkristal. Albite juga merupakan mineral aksesori umum untuk mineral langka dan istimewa. Varietas Peristerite warni kadang-kadang menunjukkan suatu kemilau adularescent. Ini menghasilkan bentuk yang tidak biasa Moonstone.

Albite kadang-kadang membentuk dalam hubungan dengan microcline mineral felspar dalam pola bolak, dan membentuk batu felspar dikenal sebagai Perthite.

Chemical Formula - NaAlSi3O8
Komposisi - Natrium silikat aluminium, seringkali dengan natrium sebagian digantikan dengan kalsium atau kalium.
Warna - Putih, tidak berwarna, krim, kuning muda, biru muda, hijau muda, merah pucat, coklat muda, abu-abu. Albite Beberapa warni dengan schillers.
Streak - Putih
Kekerasan - 6-6,5
Sistem kristal - triklinik

3D Atlas Kristal - 
Modified TriclinicModified Triclinic TabularTabular Pointed Tabularpointed tabular Pericline Twin w. Rhombic Sectionpericlin twins w. Rhombic section Flattened Contact Twinsflattened contact twins Modified Triclinicmodifiend triclin

Bentuk kristal
dan Agregat - Kristal biasanya datar dan senjata tajam, dan sering dalam kelompok kompak. Juga terjadi setinggi prismatik dan pendek, gemuk, kristal tabular. Kristal-kristal biasanya dalam kelompok, dan jarang terjadi secara tunggal pada matriks. Kembar kristal yang umum. Bentuk lain adalah kasar, besar, kolumnar, roset, dan pesolek. Kristal terkadang lurik.
Transparansi - Transparan untuk tembus
Berat Jenis 2,6-2,63
Luster - Vitreous untuk mutiara
Pembelahan - 2,1 - basal; 2,1 - prismatik; 3,1 - pinacoidal. Sudut belahan dada adalah sekitar 90 ยบ.
Fraktur - Subconchoidal untuk tidak merata
Keteguhan Hati - Rapuh
Kompleks Pengujian - Larut dalam asam fluorida
Dalam Silikat Group; Tectosilicates; Feldspar Grup
Fitur mencolok - Crystal kebiasaan, belahan dada, kekerasan, dan warna
Lingkungan - Paling sering di pegmatite granit, juga dalam batuan metamorf.
Popularitas (1-4) - 2
Prevalensi (1-3) - 1
Permintaan (1-3) - 1


NAMA LAINSoda FeldsparSodaclasePutih FeldsparVARIETASAnalbite
 
- Albite mengandung persentase kecil kalium menggantikan natrium. Rasio natrium terhadap kalium harus lebih besar dari 9:1, dinyatakan mineral adalah Anorthoclase.Cleavelandite
 
- Tipis, berbilah kristal atau piring albite, biasanya berwarna putih.Pericline
 
- Memanjang, prisma kristal putih albite.Peristerite
 
- Berbagai Iridescent dari albite. Kemilau warnanya mirip dengan labradorit tapi tidak jelas dan biasanya pada latar belakang berwarna putih atau cahaya.PENGGUNAANNYAAlbite adalah industri penting dalam pembuatan keramik. Albite memberikan contoh mengkristal terbaik dari feldspars Plagioklas, dan kristal ini populer di kalangan kolektor. Albite juga penting dalam studi lingkungan mineral dan formasi kristal.Yang perlu diperhatikan daerahAlbite adalah mineral yang sangat umum, tetapi lokasi dimana kristal albite halus dapat ditemukan lebih terbatas. Beberapa contoh yang sangat baik datang dari Pegunungan Alpen Swiss dan Tyrol, Austria. Besar, kristal terbentuk dengan baik datang dari pegmatites dari Gilgit, Pakistan, dan Nuristan, Afghanistan. Kristal Clevelandite besar berasal dari beberapa daerah di Minas Gerais, Brasil, terutama di Lembah Doce dan Jequetinhonha.Di Kanada, albite ditemukan di Quebec pada tambang Francon, Montreal, dan di Gunung St-Hilaire, Quebec. Di AS, beberapa kristal terbaik dan paling jelas adalah dari Amelia Court House, Amelia Co, Virginia. Daerah penting lainnya adalah Pala, San Diego Co, California; tambang Tiga Little, Ramona, San Diego Co, California, yang Foote Spodumene tambang, Kings Mt, Cleveland Co, North Carolina,. Dan Auburn, Androscoggin Co, Maine.UMUM ASOSIASI MINERALKuarsa, Moskow, biotit, Lepidolite, Kalium Feldspar kelompok, Tourmaline, Hornblende, Spessartine, ApatiteMEMBEDAKAN SERUPA MINERALPotasium Feldspar Group - Jangan menunjukkan striations pada permukaan kristal kembar, sedangkan feldspars Plagioklas kadang-kadang melakukan. Jika tidak bisa sulit untuk membedakan.Feldspars Plagioklas lain - Biasanya tidak dapat ditentukan dengan cara praktis.Spodumene - Memiliki fraktur splintery.Barit - lebih lembut dan jauh lebih berat.Kalsit - Jauh lebih lembut (3).

Gambar Mineral Albit
Albite var. CleavelanditeAlbite var cleaveleandite Albite Crystal Cluster Albite kristal kruster Twinned Albite var. Pericline Twinned albite var-periklin Transparent Clear Albite Crystal transparan bersih kristal albit Albite and Lepidolite Albit dan lepidolit Albite var. Cleavelandite with Lepidolite Albite var. Cleavelandite dengan LepidoliteAlbite var. PeristeriteAlbite var. Peristerite
Albite var. Cleavelandite dengan Lepidolite
Koleksi - John Betts
Deskripsi - Fan berbentuk cluster albite putih berkilau berbilah, berbagai kristal Cleavelandite hingga 15 mm lebar dengan warna pink transparan Lepidolite 13 mm mika kristal pada satu sisi. Kristal Cleavelandite memiliki wajah tepi berkilau.
Lokalitas - Himalaya Tambang, Mesa Grande District, San Diego County, California
Dimensi - 45 x 35 x 25 mm

  
Albite var. Peristerite
Koleksi - John Betts
Deskripsi - Slab dari merah muda abu-abu var albite. Peristerite dengan efek warna yang bagus. Spesimen dipoles pada satu wajah untuk menyoroti labradorescence (biru Schiller-akibat). Warna biru cukup diucapkan dan terlihat di seluruh.
Lokalitas - Hybla, Ontario, Kanada
Dimensi - 5 x 5 x 1,5 cm.
Spesimen Kelas - B
    
   

1 komentar: